Skip to main content

ALL ABOUT SINGAPORE

DISCLAIMER:  THIS IS A VEEEWYYY VEEEEWYYY LATE POST. 2014. TWO YEARS LATE!! *huge grin*

Yeaaaaaaa yeaaaaaaahh yeaaaaaaaaah!!  Alhamdulillaah jadi juga ke Singapuraaaaaaaaaa!!
No automatic alt text available.




















Buat yang baru pertama kali ke Singapur, atau yang udah berkali2 ke Singapur, atau cuman sekedar mau baca blog sayah hohoho manggaaaaaaaaaaaaa..
Mind you though, this is gonna be loooooooooooonggg and looooooooooonggg and loooooooong and long.

So dari pertama yang disiapin pas pertama kali ke Singapur adalah:

1. Itinerary.
Berhubung gue terlalu banyak browsing, dan gak mau rugi, jadilah itinerary buat satu bulan gue jadiin 2 hari. Oh dear oh dear, yang ada balik dari sana kaki gue gempooooooorr, paha sakiiittt, telapak kaki bengkaakk, betis cenat cenut, gak punya duittt *curcol ini mah hohohohoho

Begini itinerary gue kemaren:
Day 1:
Nyampe di Bandara



Beautiful,beautiful airport!






1am Late cek in ke Hostel



Area sekitar hotel

8am - 4 pm Universal Studios Singapore, tar diposting soal ini tersendiri yah. Hohohoho loove this place.
4pm - 5pm Vivo City
Bisa ke Daiso dulu beli Nori Puncher sama ke Candy Empire, ada Ovomaltine kemaren lagi diskon jadi S$ 10 ajahhh *di Bandung kayanya 150ribu* hohoho *ralat bo, ada yang jual 180rebu hauahaahhah menyesaaal kenapa gak beli 10 bijik aja sekaliannhh* Eh you call me lebay?? Ada loh orang Endonesah yang ambil sekitar 30 bijik! Jadi mikir.. itu buat jualan kali yah? Tar dicegat bea cukai gak yah? Lanjut!







6pm - 8pm Dragonfly & Kingfisher Lakes and Garden by The Bay,
Foto-foto doang, sambil makan jeruk sisa breakfast.. Gak pake jalan ke jembatan OCBC nya. Gak kuat kakiiiiiiiiiii !!! Heh!! Jangan macem2 yah!! Maklumi lah gue yang emang jalan kaki cuman dari kamar ke kamar mandi doang, atau dari stopan angkot ke kantor doang!! Plus umur gue udah tua jangan lupa!

8pm-11pm Cabut ke Orchard Rd buat makan,
Ati2 gak semua makanan halal di sini, gue milih makanan Padang S$ 5.50 (I knowww I knowww, apa daya, perut Indonesia dan harganya muyahhhhh). Abis makan nongkrong di depan Orchard Rd, makan es krim harga S$ 1. Kalo kaki lo masih kuat, di sini lah ada Tangs, H&M, Sephora, Isetan, dll dll mangga berbelanja hebohhh, gue gak mu belanja sih, pengen jalan2 tapi karena kaki udah ampun2an, jadi nyetop taxi, mengkhianati teman2 yang pada pake MRT hiks hiks. Biaya taxi S$ 11

Day 2:
06.00 am cabut ke Merlion heheheh gak deeenggg dari jam 10 am.
Why??? Karena sukses ketiduran +_+ Zzzzz bangun jam 8am dan kelamaan bagi-bagi duit SGD punya temen-temen. Lesson learned: mending beresin urusan duit SGD dari hari pertama. Kita langsung cek out hari itu trus titip tas, ransel n koper, cabut ke Merlion jam 10am which is udah KESIANGAN BANGET!!!!















Nyampe Cavanagh Bridge itu udah panassss, jalan di underpass trus jalan ke Esplanade Park, nyebrang ke Merlion.. oohhh sungguh sangat perjuangannnnn +_+ Pengen beli es krim yang 1 Dolar itu tapi kok banyak banget turis ngantri +_+
Setelah foto2 kita cabut jam 11.30 am
Pastinya beli es krim dulu baliknya.. dah gak gitu ngantri alhamdulillaah, tapi tetep yaaaa uncle2 tukang jualannya jutek. Pesen aja disuruh cepet2, emang Indonesia is a veewwwwyyy veeeeeeewwwyyy ramah country. Like in the whole world, I bet. Ceh, kaya yang dah pernah keliling dunia aja *aamiin ya Allah aamiin*

12.00 pm nyampe Bugis Street
Puas-puasin beli tas Singapur harga S$10 dapet 4 biji, kaos S$10 4 biji sama dompet S$ 10 dapet 2 biji, nyesel gak beli gantungan konci S$ 10 dapet 30 biji. Mikir ah nanti aja mu beli oleh oleh lagi di Mustafa.

2 pm makan di KFC deket situ. Pengen makan di Burger King tapi mereka gak punya nasi (teteuuuuppp peyut Indonesaahhh)

3 pm nyampe di Mustafa. Hggghh ternyata di Mustafa harga 1 kaos dengan bahan yang sama S$ 13 sajah. Kok lu gitu sih Mus? Mustafa? Jadi di sini beli Milo Australian Recipe seharga S$ 16 hasil racun mba Uji +_+ (harganya gak pas 16 deng, ada komanya but let's not go there, anggep aja cuman S$ 16, geus nyaho urang mah limpeuran nya +_+ )

4 pm balik ke hotel, lewat2 Haji Lane.. hiks if only masih banyak waktu, pengen jalan2 sambil foto2 di sini, this is like the most beautiful street I've ever been, kinda reminds me of Bali a little. Nyampe hotel beres-beres bawaan dan cabut deh pake Taksi coz udah mepet banget waktunya.
Lesson learned juga kalo mu pake Taksi di Singapur gak segampang cari Taksi di Jakarta. Lo pikir cari Taksi di Jakarta susah? Di Singapur 20 kali lipat dari itu! Baiklah... saya melebih-lebihkan... tapi nggak juga ah!! Kejadiannya gue mepet banget waktunya ke airport, trus jalan lari2 cari taksi, hrrrhhhh ampyuuun ternyata gak bisa ngiri-in Taksi begitu ajah pinggir jalan ya (ya eeeyaaa laahhhh, situ pikir di Tanah Abang??). Mesti ke pemberhentian Taksi resmi gitu. Itu pun ngantri, trus taksinya jarang di beberapa tempat. Jadiii kita mesti muteeerrrrr ngelewatin emol2 kecil gitu, asli gempoooorrrr, di depan emol2 kita kan ngantri, nah pas ada taksi itu bule2 depan kita malah diem aja, ya udah kita serobot (wakakakkakak Endonesyiaaahh bangeuuddhhh), lagian itu bule diem aja lagi. Eh kita sukses lah diusir sama itu tukang taksi wakakakkakaka. Hrrrggghhhh. Malu?? Udah gak bisa mikir malu booookk!! Coz beberapa menit lagi airplane kita ngelayang ke Jakartaaahhh!! Stress tingkat tinggi yang ada.
Akhirnya setelah dapet itu taksi, gue bilang ke tukang taksinya: pak, bisa agak cepetan gak? Dia jawab: wakjfkadjfklajfoieurpiekfdfkldsjfkldjf lo mau didenda sejumlah XXXXXXXX? Kalo mau ya silahkan aja, bla bla ble bloh blih blah jieopeirpoakdljfkljdlkfjdklajfklajflkdjaklfa.

Yaaa ela paaak, kalo ga bisa ya ude, jawab aja NO gitu, napah.
Trus tapi dia sambil nyetir yang slowww banget gitu. Hiyyyy males dweehhh, lo nyeramahin gue soal jangan ngebut dan aturan tilang dan sebagainya, tapi lo nyetir kaya siput which is ngerugiin penumpang lo. Hiiihhhh asli yaaa itu darah udah nyampe ubun ubuuuunnnnnnnn!!

Akhirnya setelah nyampe sana gue lari-lari asli kaya dikejar genderuwo, sambil komat kamit baca Bismillaah. Dan alhamdulillaah... pesawatnya delay aja gituh... adooooooooohhhh itu yaaahhhhhhh berasa dapet berkah apaaaaaaaaaaaaaaa gitu dari Allah SWT. Alhamdulillaah.. alhamdulillaah... alhamdulillaah....






2. RINCIAN BIAYA
Bikin itinerary ini sekalian juga bikin RINCIAN BIAYA yah temans, mine is this way: 
Pesawat(Jetstar) 1.524.980 (beli pake kartu kredit)
Airport Tax 150.000
Tiket USS 585.000 (beli pake kartu kredit di Dwi Daya Tour S$ 65 ajah, usual price S$ 74)
Dormitory 400.000 (2 malem di hostel)
Travel pergi 90.000 (Bandung-Jakarta pake Primajasa)
Travel pulang 90.000 (Jakarta-Bandung pake Primajasa)
Konsumsi Indo 100.000 (Makan di Bandara penerbangan Sing-Jkt + Makan di Bandara pulang dari Singapur)
Konsumsi Sing 500.000 (Asumsi sekali makan maksimal Rp 100.000/+/- $S 10)
Transportasi Dalam Kota 500.000 (MRT Standard ticket, taxi Changi-Hotel, dll)
 Total Biaya 4.039.980 disisihkan jadi 2 mata uang buat: Rp 430.000 (untuk airport tax di Jakarta, travel pergi dan pulang, konsumsi makan di Indo)
SGD 122,29 (untuk makan dan transport di Singapur) Pembulatan 123

PS: Kurs golden money changer di Bandung saat itu: Rp 8995/S$ 1

Buat oleh-oleh rata2 temen2 pada bawa 1 juta hehehe.. itu juga buat beli yang murah-muraaaaaaahhhh..jangan lupa duit buat oleh2 langsung tukerin ke SGD di money changer di sini yaaa.
Berhubung ogut tinggal di Bandung, dan best price itu dimiliki ama Golden Money Changer, ya suuud kita melipir kesana.

Pelajaran dari kami:

1. Kalo pesawat berangkat dari Jakarta, harus udah berangkat dari Bandung minimal banget 7 jam sebelonnya. Kenapa 7 jam? Karena, entah di KM berapa mau deket2 Jakarta ternyata macet. Paraaaaaaahhhhh. Terus di tol dalam kota? Maceeeeeett. Parah juga. Di Slipi tol dalam kota? Macet jugaaaaaaaaaaaaaaa. Pesawat gue tu jam 21.35 take off. Jam 20.35 dibuka gate. Cek in maksimal 45 menit sebelon berangkat. Aturan dari Bandung jam 2 kalo mau safe. Berhubung dilarang ama Boss, dan baru boleh pegi jam 4. Otomatis kita sport jantung dan ngebut sengebut2nya (please jangan ditiru ok, masi mau pada idup kaaan????). Dan untungnya udah web check in.. But still mesti laporan dulu ke counter, gak bisa langsung masuk boarding gate. Oh ya buat baliknya web cek in agak2 susyeh kecuali lo udah make sure mau bawa berapa tas, soalnya jumlah tasnya ditanyain (in case lo nambah tas buat oleh-oleh.. karna itu kemaren kita cek in di Changi pas baliknya).

 2. Pilih Hostel yang bagus, cek review dan nileinya di Trip Advisor, jangan di Agoda.com, nilainya menipu banget. Kalo bisa pesen jauuuuhh jauuuuhh hari supaya ratenya bagus. Lo tau gak sih, sebelah gue itu ML !!! Like  ML making love gitu. Aselik!!! Kasur gue ikut goyang-goyang!!!

3. Browsing, browsing, browsing.  Tapi jangan mentooookkk banget ke hasil browsing lo. Contoh gue, gue browsing jarak dari A ke B sekian menit. Kenyataannya, dengan panassss, dengan lain2... dengan capek... dengan lain2 lagi... bisa jadi setengah jam hehehhe

4. Cek harga oleh2 terbaru di internet. Untuk H&M gitu emang menguntungkan beli di Singapur. Tapi nggak untuk kosmetik MAC hehehe.. Mending beli di Jakarta. Yang gue rasa sih ya, oleh-oleh murah dari Singapur itu cuman yang made in China semua. Misalkan gantungan konci... hahahahahha... yaaa terjawab sudah kenapa kalo orang balik dari Singapur, hadiahnya pasti gantungan konci. Karna yang laennya mahal hahahaha

5. Mau makan aneh2? Siapin dana. Mau makan yang murah aman dan halal? Banyak KFC hahahah. Tapi again, banyak browsing aja yaaaa, gue ga ada waktu buat kuliner makanan di sana..

6. Apalagi yah.. tar deh kalo keingetan di tulis hehehe.. btw ini kan 2016 yeeee, kurs udah 2 kali lipetnya, silahkan apa2 dikali dua.. hihihi...

Comments

Unknown said…
Hahhahah gile bener ... Kapan dong kita kesna ...
Unknown said…
Kangen bangettttt,,,,,jadi terharu bacannya, pokonnya banyak banget kejadian konyol dan bodor bgt waktu disana, banyak pelajaran juga yg bisa kita ambil, pantesan aja bebeb aku (om fey) pengen kita kesana, buat belajar budaya, mulai dari hal kecil mengdahulukan pejalan kaki yg akan menyebrang, buang sampah pd tempatnya, efektif waktu, semua orang jalan kaki, trasportasi yg cepat, kotanya bersih, dan disana belajar tetap menjadi muslim yg baik, rasanya solat di negara orang itu gimana gtu, sampai2 krn ga sempet ke mesjid, solat itu di pinggir kasur, dan di alaskan jaket, di liatin bule pas lagi solat :), kangen bgt, pasport nya blum di isi cap lagi hhe.
Unknown said…
Kangen bangettttt,,,,,jadi terharu bacannya, pokonnya banyak banget kejadian konyol dan bodor bgt waktu disana, banyak pelajaran juga yg bisa kita ambil, pantesan aja bebeb aku (om fey) pengen kita kesana, buat belajar budaya, mulai dari hal kecil mengdahulukan pejalan kaki yg akan menyebrang, buang sampah pd tempatnya, efektif waktu, semua orang jalan kaki, trasportasi yg cepat, kotanya bersih, dan disana belajar tetap menjadi muslim yg baik, rasanya solat di negara orang itu gimana gtu, sampai2 krn ga sempet ke mesjid, solat itu di pinggir kasur, dan di alaskan jaket, di liatin bule pas lagi solat :), kangen bgt, pasport nya blum di isi cap lagi hhe.

Popular posts from this blog

Taksi Gemah Ripah Sialan!!

Yes, gue nyebut merk, emang napa? Kenyataan kok gue naek taksi itu dan emang kenyataan gue dapet pengalaman yang sangat2 gak ngenakin! Jadi gue ceritanya dari toko bayi MIVI abis belanaja, trus gue ke XTrans Ciwalk karna gue mesti cepet2 ambil dokumen dan nyerahin itu dokumen ke Telkom di Jalan Cisangkuy. Karna gue pengen cepet, gue naek taksi dong! Liat kiri kanan ga ada Blue Bird, akhirnya kepaksa lah gue naek itu Gemah Ripah sialan. Sebelonnya gue emang udah pernah dapet pengalaman gak ngenakin, twice, pake ini taksi. Sebelonnya gue udah punya perasaan gak enak, tapi karna orang Telkom terus2an minta itu dokumen, akhirnya gue paksain naek taksi. Dong dong dong!!!! Begitu gue naek, itu taksi panas minta ampun. Entah karna gue yang emang kepanasan abis jalan kaki, atau emang ini taksi yang atmosfernya gak ngenakin banget. Minta lah gue dinyalain itu AC. "Pak, AC nya minta tolong dinyalain ya", I asked NICELY and POLITELY. Dia jawab apa coba: "NANTI DONG, KAN

Dokter Dokterku

So..dikarenakan HD is now udah mau 2 taon...gue ama ayah memutuskan untuk punya anak lagi. Pengennya sih dari dulu, pas HD umurnya 1 taon. Why? Klise banget, supaya nanti pas dia masuk 3 SMP, anak gue yang laen masuk 1 SMP. Jadi ga bentrok pas kenaekan. Ribetkah? Ya gitu deeehhh (terserah gue doong kan gue yang hamil yahhhh). Lapeerrrrrr!!! *makan baso tahu -uhg parah enak- nyesel cuman beli 4 potong,kekenyangan, balik nulis lagi* baiklah....nyampe mana tadi? Hamil, iyah. Paragraf baru aja yah biar enak. Soo jadi, karna dulu gue pas program mau hamil ditanganin ama dokter Setyorini (di rs emma) and so jadi pas mu program hamil lagi, gue pikir why not ke dokter rini lagi supaya clear, supaya cepet, karna dia dah tau badan gue. But dikarenakan gue ga hamil lagi bulan ini, maka ayah bilang, kamu ke dokter mulya aja (klinik harapan bunda). Wes, akhirnya gue ke dokter Mulya, gue jelasin bahwa gue dulu ama dokter Setyorini ada kasus telor gue kecil, jadi dikasih penyubur. Trus dr mulya t